Saturday, 10 March 2012

Pengertian Konsep dan Fungsi HTML

Pengertian HTML
 
Gambar : HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah bahasa dari Worl Wide Web (www) yang dipergunakan utntuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program web browser. HTML juga dapat disebut sebagai protocol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke browser. HTMl inilah yang menjadi dasar bila akan menjelajah internet dan melihat halaman web yang menarik.

HTML menentukan 2 fungsi :

1. Membentuk tata letak document, dalam hal ini menentukan jenis huruf, gambar, dan komponen dokumen lainnya.

2. Menetukan hubungan ke dokumen lain, HTML merupakan suatu bahasa pemrograman yang termasuk dalam kategori SGML (Standart Generalized Markup Language) dimana bentuknya merupakan standar ASCII yang berisi kode-kode untuk mengatur dokumen.

Saat ini terdapat banyak sekali HTML authoring (software atau tool yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web), yang biasa digunakan seperti : MS-FrontPage, Netscape Composer, Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, Adobe Pagemill, HotDog, HotMetal, HTML Easy, InContext Spider, dan lain sebagainya.

Karena bentuk HTML mengikuti standar ASCII, maka file HTML dapat dibuat dengan menggunakan program editor bisa seperti Editor dari DOS, atau Notepaddari Microsoft Windows, MS Word dan lain sebagainya. Namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan Notepad yang ada setiap kali kita menggunakan system operasi terutama windows.

Software lain yang digunakan adalah browser yang digunakan untuk menampilkan web page yang akan dihasilkan. Dua nama yang paling popular adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator, keduanya merupakan browser yang umum digunakan dan mudah didapatkan, beberapa yang lain yang juga terkenal seperti Opera, GodZilla, Mozilla Firefox, dan sebagainya.

Jadi, dengan menggunakan kombinasi program pembuat HTML dan program web browser, maka kita sudah dapat menayangkan informasi di internet.
Beberapa kalangan yang menyatakan keberatan jika HTML merupakan sebuah bahasa pemrograman karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhana, kode-kode dibaca oleh browser baris per baris, dari atas ke bawah. HTML juga tidak mempunyai struktur pemrograman yang umum ada pada bahasa sebuah bahasa pemrograman standar, misalnya tidak adanya struktur ‘looping’. Pada HTML digunakan hypertext link atau hubungan antara teks dan dokumen lain. Dengan demikian pembaca dokumen bisa melompat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dengan mudah. Namun banyak kalangan umum yang menganggap bahwa HTML merupakan dokumen program meskipun tidak terstruktur. Yang jelas HTML merupakan bahasa yang menspesifikasi isi (content) suatu halaman web.

HyperText menunjukan ke fakta bahwa halaman web lebih tepat berupa teks yang dapat memuat multimedia, dan melakukan link dengan atau tanpa lompatan.
Markup menunjuk ke fakta bahwa bekerja pada kebanyakan teks dengan simbol-simbol spasial (tags) yang mengidentifikasi struktur dan tipe dokumen.

sumber: http://www.corluzz.co.cc/2009/08/pengertian-konsep-dan-fungsi-html.html

No comments:

Post a Comment