made by Leeloumade by Leeloumade by Leelou

Monday 5 March 2012

Si Cantik Cupcakes

Asal-Usul Cupcakes :

Berkembang di Amerika, pada abad ke-19, cupcake mungkin memiliki ukuran mini, tapi tidak harus selalu begitu. Dijuluki demikian karena bahan-bahan yang dipergunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang.
Tradisi ini selanjutnya berkembang menjadi kebiasaan. Awal mulanya, cupcake sering pula disebut kue “angka”, karena takaran pengukurannya sangat mudah diingat. Misalnya, satu mangkok mentega ditambah dua mangkok gula pasir ditambah tiga mangkok tepung ditambah semangkok susu dan satu sendok soda kue.
Berkembang kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut Muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Dewasa ini, cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.




Membuat Cupcakes :
 
Bahan dasar cupcakes adalah kue bolu. Segala macam bolu bisa dijadikan cupcakes. Intinya cupcakes adalah bolu biasa yang dikemas dalam cup cup kecil.
Tapi tentu saja pemilihan jenis bolunya harus disesuaikan dengan hiasan-hiasan diatasnya. Baik dari segi rasa, maupun kepadatan cake-nya yang berhubungan dengan kuat atau tidaknya cake tersebut menopang hiasan-hiasan misalnya 3D topper yang umumnya agak berat.

Proses pembuatan cupcakes tidak memakan waktu yang lama, untuk 30 cupcake total dari menimbang bahan, memanggang sampai menunggu cakenya dingin dan siap untuk dihias sekitar 1.5 jam.
Menghiasnya membutuhkan waktu berbeda-beda tergantung jenis hiasannya. Yang paling mudah untuk 30 cupcake itu sekitar 30 menit. Kalau hiasannya rumit bisa makan waktu 4-5 jam, bahkan lebih.

Ebony Cakes menjelaskan darimana kreasi desain untuk pembuatan cupcakenya. Bisa internet, bisa tv, bisa majalah. Tak jarang desain berasal dari customer, mereka punya ide-ide di kepala yang tinggal diaplikasikan ke cupcakes, tentunya sesuai kemampuan.

Variasi Cupcakes :

Keunikan Cupcake adalah bentuknya yang mungil dan cantik, dan rasanya yang enak. Ketika membeli kue ini, sayang rasanya untuk memberi gigitan pertama karena bentuknya yang begitu menggemaskan.
Cupcake banyak dijadikan pilihan untuk hantaran natal, idul fitri, tahun baru, perayaan kelahiran bayi, goodie bag, bayi satu bulan, ulang tahun, bahkan untuk pesta pernikahan.
Cupcake tersedia dengan bermacam-macam tampilan dan rasa. Baik bentuk dan tampilan cupcake pun bisa disesuaikan dengan momen yang ada: hiasan badut untuk ulang tahun, ketupat dan masjid untuk lebaran, atau bunga romantis untuk sang pujaan hati. 








Topping Cupcakes

Ada 4 bahan utama topping cupcake:

Buttercream


Buttercream dapat digunakan dengan berbagai tekhnik lalu dihias dengan sprinkle-sprinkle warna warni. 
Sprinkle ini edible (bisa dimakan), bentuknya bisa macam-macam. Bintang-bintang, mutiara, love, dan lain-lain, terbuat dari semacam bahan gula dan tepung namun hampir tidak ada rasanya.

Cooking chocolate

Bisa dilelehkan, bisa dicampur krim, bisa dibentuk dengan cetakan. Rasa Coklat merupakan rasa terfavorit konsumen.

Cara Menyimpan Cupcake :

ila saat anda memesan cupcakes atau dihadiahi antaran Cupcakes dari teman, dan karenanya demikian cantiknya sehingga sayang untuk langsung dihabiskan, mungkin anda ingin tahu bagaimana cara menyimpannya dan berapa lama daya tahannya. 

Ebony Cakes menjelaskan bahwa semua cupcake yang mereka buat tidak menggunakan bahan pengawet. Karena kesegaran dan kebersihan bahan-bahan yang mereka pakai, Ebony cupcakes bisa tahan dalam wadah tertutup diluar kulkas selama 5 hari – 1 minggu. 

Sedangkan untuk penyimpanannya tergantung jenis topper hiasannya. Kalau krim, harus masuk kulkas dengan wadah tertutup. Kalau icing, sebaiknya tidak masuk kulkas, karena kulkas bisa membuat icingnya berkeringat dan tidak kokoh lagi bentuknya.

Cupcake untuk Goodie Bag (Ebony Cakes)

No comments:

Post a Comment